Tuesday, May 31, 2011

Memilih Pisang

Sumber : Kompas 31 Mei 2011


Selain nikmat untuk disantap, pisang (Musa paradisiaca) memiliki kandungan yang penting bagi tubuh manusia. Misalnya, kalium, lemak, karbohidrat, zat besi, beberapa vitamin, serta gula yang cepat diserap tubuh dan diubah menjadi sumber tenaga. Wajar jika pisang dianjurkan untuk pembentukan tubuh, kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.
Untuk mendapatkan manfaat pisang secara optimal, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan:
1. Warna kulit pisang. Pisang yang baik adalah yang memiliki warna cerah. Sebagian orang sering kali melihat bagian ujung pisang saat memilih, yang hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pisang masih segar atau tidak terlampau masak. Kalau ujungnya berwarna sedikit kehijauan, berarti kondisi pisang masih baik.
2. Perhatikan permukaan kulit pisang. Jika ada kerusakan, sebaiknya cari pisang yang lain karena mungkin kondisi pisang sudah menurun.
3. Tekan pisang secara perlahan. Pisang yang terlalu lembek saat ditekan adalah salah satu pertanda kalau sudah terlalu masak atau malah mungkin sudah busuk.
4. Jangan lupa untuk mencium baunya, kalau baunya terlalu kuat Anda patut curiga kalau ada beberapa bagian daging pisang yang sudah kelewat matang, yang bagi sebagian orang, hal ini kurang disukai.