Tuesday, May 31, 2011

Tips Pembuatan Visa

Sumber : Kompas 31 Mei 2011


Liburan ke luar negeri memang menjanjikan petualangan serta pengalaman yang berkesan, yang untuk itu pula kita dituntut untuk melakukan persiapan lebih matang agar semua rencana bisa berjalan dengan lancar.
Selain budget, tiket pesawat, tempat penginapan, serta cek pelawat yang bakal menjamin kenyamanan kala melancong, satu hal yang mutlak diperlukan adalah visa, surat ijin masuk ke satu negara.
Di beberapa negara seperti di negara-negara ASEAN memang memberlakukan visa on arrival, jadi pelancong dapat langsung pergi dan mendapatkan visa di negara tujuan. Akan tetapi, bagaimana dengan negara lain seperti Amerika Serikat yang dikenal cukup ketat dalam memberikan visa? Berikut ini beberapa tips agar rencana berlibur di Negeri Paman Sam bisa terlaksana dengan baik.
Kelengkapan surat dan dokumen adalah syarat wajib yang harus dipenuhi dan tambahkan pula dengan dokumen pendukung, seperti surat penugasan atau surat jaminan dari perusahaan tempat anda bekerja.
Percaya diri. Ketika proses wawancara, setiap pengaju visa harus terlihat percaya diri dan mampu meyakinkan pihak kedutaan. Tenangkan diri terlebih dahulu agar tidak tegang saat wawancara. Jangan sampai hanya karena masalah yang satu ini, Anda malah gagal mendapatkan visa.
Jawablah setiap pertanyaan dengan tenang dan jujur. Kejujuran akan membawa kelancaran dalam setiap proses dan memberi kepastian bahwa kita benar-benar hanya akan berlibur.
Kenakan pakaian rapi untuk menampilkan citra diri yang baik. Ingatlah bahwa kita berniat untuk "bertamu" ke negara orang, maka tak ada salahnya berpakaian yang layak sebagai salah satu sikap menghormati.