Monday, June 13, 2011

Kiat Usir Bau Cat DInding Baru

Sumber : Kompas 13 Juni 2011


Suatu kebanggaan jika rumah baru telah tegak berdiri. Raut kepuasan yang sama juga tersirat ketika menyaksikan rumah telah usai direnovasi. Rumah tampil bersih dan terkesan lebih segar dari sebelumnya. Tinggal di dalamnya pun akan semakin menyenangkan.

Sayangnya, rumah baru atau belum lama direnovasi seringkali meninggalkan sesuatu yang terkadang menyebalkan. Bau cat baru, ya bau cat dinding baru yang menyengat seringkali tersisa setelah rumah dibangun atau direnovasi (dicat ulang )

Akibatnya, bila tak tahan, rasa pusing dan mual menyerang. Berlama-lama dalam rumah pun enggan meskipun tampilan rumah lebih menawan. Sebenarnya ada sejumlah kiat untuk menyiasati bau cat yang menyengat. Caranya pun cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Bubuk Vanili atau essen vanili adalah salah satu elemen jitu untuk mengatasi bau cat. Anda bisa menuangkan beberapa tetes essen vanili ke dalam cat, kemudian aduk sampai rata, dan aplikasikan pada dinding.

Atau, bisa juga dengan menuangkan bubuk vanili yang dicampurkan dengan bubuk kopike dalam mangkuk. Letakkan mangkuk tersebut di sudut ruangan yang telah dicat. Tambahkan jumlah mangkuk jika ruangan cukup besar. Diamkan selama beberapa waktu hingga aroma cat berangsur menghilang.

Lebih sederhana lagi, Anda bisa mengusir bau cat yang menyengat dengan menggunakan air san garam. Caranya hampir mirip dengan aplikasi bahan vanili, yaitu letakkan mangkuk berisi air dan garam di sudut-sudut ruangan yang telah dicat.

Buah pun bisa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan bau cat. Misalnya, buah nanas. Anda bisa meletakkan sejumlah nanan di tiap ruangan. Selain bau cat yang menyengat berangsur hlang, aroma segar pun menguar di dalam ruangan rumah. Alternatif lainnya, cobalah gunakan kulit jeruk untuk ditempatkan dalam ruangan.

Perlu diingat, bukalah pintu dan jendela lebih lebar-lebar saat rumah selesai dicat. Biarkan udara segar mengalir dan membawa pergi aroma cat yang menusuk.

Dengan cara-cara ini, bau cat dinding baru akan berangsur menghilang. Warna cat pun tak berubah. Anda pun bisa menarik nafas lega di "istana kecil" Anda.